Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Halo sobat, teknologi informasi yang semakin berkembang membuat beberapa orang melirik profesi sebagai hacker. Tapi jangan salah, tidak semua hacker itu jahat seperti yang kita kenal selama ini yang kerap melumpuhkan sebuah sistem.

Sobat yang pernah menekuni bidang ini tentu paham jika profesi hacker memiliki peranan penting bagi kemajuan teknologi informasi khususnya hacker topi putih yang kerap digunakan jasanya untuk mengujicoba sistem keamanan.

Biasanya perusahaan-perusahaan digital banyak menggunakan jasa hacker topi putih (white hat hacker) untuk menguji sistem keamanan dari produk digital mereka sebelum diluncurkan. Hacker topi putih ini bekerja untuk mencari kelemahan sistem untuk mengantisipai kebocoran informasi ataupun peretasan dari pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab.

Tak jarang, hacker topi putih mendapat bayaran yang tinggi atas jasanya menemukan kelemahan sebuah sistem. Seperti yang terjadi baru-baru ini, seorang hacker asal india, Anand Prakash mendapat bayaran $15.000 dari facebook atas jasanya yang menemukan kebocoran (Bug) dalam layanan facebook.

Anand Prakash salah satu penemu Bug pada Layanan Facebook
Anand Prakash salah satu penemu Bug pada Layanan Facebook (Image: youtube)

Hacker Mampu Meretas semua Akun di Facebook

Sobat pasti kebayang, jika hacker topi hitam yang duluan menemukan bug ini tentu akan membawa dampak negatif bagi para pengguna facebook. Tapi untunglah yang menemukan pertamakali bug ini adalah hacker topi putih yang dengan cepat melaporkan hal ini ke pihak facebook.

Anand Prakash mampu Meretas semua Akun Facebook
Anand Prakash mampu Meretas semua Akun Facebook

Dalam keterangannya, Anand Prakash menyatakan jika bug yang terdapat pada layanan facebook yang ditemukannya itu mampu memberikan akses bagi dia untuk meretas semua akun pengguna facebook.

Dari bug itu, Anand Prakash juga mampu mengakses foto, informasi detail pengguna hingga informasi kartu kredit maupu kartu debit milik pengguna.

Bug pada layanan situs jejaring sosial facebook ini terdapat pada beta.facebook.com dan mbasic.beta.facebook.com. Anand bisa melakukan pergantian password pengguna facebook dikedua layanan tersebut dengan cara brute force.

Reward $15.ooo dari Facebook

Facebook memberi reward $15.000 kepada Anand Prakash
Facebook memberi reward $15.000 kepada Anand Prakash

Pada tanggal 22 Februari 2016, Anand Prakash yang mempunyai profesi dibidang engineering dan teknisi sistem komputer ini dengan cepat menyampaikan temuannya ini kepada pihak facebook dan hanya berselang beberapa hari tanggal 02 Maret 2016, Anand langsung mendapat konfirmasi dari pihak Facebook tentang kebenaran hal itu dan pihak facebook memberi reward kepada Anand berupa uang sebesar $15.000 atas jasanya menemukan bug dalam layanan facebook.

Namun bukan kali ini saja Anand Prakash menemukan bug dalam sebuah produk digital, tercatat Anand sudah beberapa kali menemukan bug diberbagai layanan seperti Twitter, Google, Adobe, Blackberry, Nokia, SoundCloud hingga PayPal. Total pendapatan dari reward menemukan bug itu sudah mencapai $149.000 jika dirupiahkan sekitar Rp 1,9 milliar.

Anand Prakash menempati posisi ke empat dalam urutan hacker global yang paling banyak menemukan bug pada layanan facebook dan posisi ke dua hacker yang menemukan bug pada layanan twitter.

Bagaimana, mau mencoba profesi hacker! Tentunya hacker topi putih yah sobat…..hehe.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
http://www.kampungkonawe.web.id/wp-content/uploads/2016/09/hacker.jpghttp://www.kampungkonawe.web.id/wp-content/uploads/2016/09/hacker-150x150.jpgwiwiekMEDIA SOSIALAnand Prakash,Facebook,Hacker,MedsosHalo sobat, teknologi informasi yang semakin berkembang membuat beberapa orang melirik profesi sebagai hacker. Tapi jangan salah, tidak semua hacker itu jahat seperti yang kita kenal selama ini yang kerap melumpuhkan sebuah sistem. Sobat yang pernah menekuni bidang ini tentu paham jika profesi hacker memiliki peranan penting bagi kemajuan teknologi informasi...Belajar & Berbagi